Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian ( SAPK )

Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mewujudkan sistem informasi manajemen kepegawaian yang handal dengan harapan terwujudnya data Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akurat melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian secara On-line (SAPK).

Tujuan lebih lanjut dari sistem tersebut adalah mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir disetiap instansi pusat maupun daerah yang terintegrasi secara nasional dalam sistem aplikasi pelayanan kepegawaian sehingga akan meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian secara transparan dan objektif.

SAPK adalah sistem informasi berbasis komputer yang disusun sedemikian rupa untuk pelayanan kepegawaian.

SAPK mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • Sistem yang terkoneksi secara on-line antara BKN Pusat, Kantor Regional BKN dan instansi dengan menggunakan jaringan komunikasi data.
  • Menggunakan satu basis data PNS yang digunakan secara bersama.
  • Menggunakan struktur data dan tabel referensi yang sama sesuai standar baku yang disusun oleh BKN pusat.
  • Sistem yang dibangun dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan instansi pengguna

Jaringan yang dibutuhkan, Implementasi SAPK memerlukan jaringan komunikasi data antara BKN dengan Kantor Regional, BKN dengan Instansi Pusat, Kantor Regional BKN dengan Instansi Daerah. Instansi pengguna SAPK perlu menyiapkan jaringan dengan bandwith minimal 2X64 kbps, network switch dengan spesifikasi standar.

Segala biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan SAPK mulai dari pengadaan perangkat keras, sewa jaringan leased line, installlasi program dan pelatihan dibebankan pada anggaran masing-masing instansi.

Pedoman pemanfaatan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian dapat merujuk ke http://www.bkn.go.id/peraturan/PERKA_BKN_%2020_2008.pdf peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor 20 tahun 2008 tentang “Pedoman pemanfaatan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian”.

Sumber : http://gecko.web.id/implementasi-ti/sapk-sistem-aplikasi-pelayanan-kepegawaian/

About these ads

11 responses to this post.

  1. assalamu’alaikum, dalam rangka peningkatan pelayanan, tolong bagaimana cara mendapatkan software aplikasi Simpeg yang terbaru, terima kasih

    Balas

    • Wa’alaikum salam, Cara mendapatkannya secara gratis adalah dari BKN Pusat, seperti Kabupaten Sumbawa tetapi ada kelemahannya yaitu terlalu mahal dalam pengadaan komputer server serta client serta biaya telkom untuk akses ke database pusat dimana anggarannya dari APBD, ternyata setelah saya analisa program SAPK tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan daerah seperti tempat lahir yang tidak sesuai dengan Ijazah hanya berdasarkan nama kabupaten, nama jabatan yang tidak jelas, nama unit kerja yang tidak bisa di rubah sehingga hanya sesuai untuk kebutuhan pusat, kalau anda ingin mendapatkannya secara gratis alangkah baiknya anda melakukan studi banding terlebih dahulu ke daerah yang sudah menggunakannya untuk mengetahui kelemahan dan kelebihannya atau buat sendiri sesuai dengan kebutuhan daerah seperti kami di kabupaten sumbawa menggunakan SAPK juga menggunakan Simpeg hasil modifkasi yang sesuai dengan kebutuhan daerah sehingga pimpinan dalam mengambil keputusan dapat dilakukan secara cepat.

      Balas

  2. Posted by agus on Februari 23, 2010 at 5:17 am

    SAPK BKN belum waktunya dijadikan sistem database online terintegrasi mengingat banyak kelemahan baik dari segi peraturan perundangan maupun dari segi teknis, apalagi bila dikaitkan dengan kepentingan daerah dan biaya pengadaan dan operasional yang terlalu tinggi. Ketika di launching di Jawa Timur, sistem ini tidak maksimal dan banyak kelemahannya sehingga ditataran bawah muncul istilah Operline bukannya Online

    Balas

  3. Daerah-daerah akan lebih tertarik seandainya biaya sewa lease line yang cukup mahal ditanggung oleh BKN, yang tentunya sudah bisa menganggarkannya. Kalau di daerah kebanyakan sulit dianggarkan dan belum tentu disetujui oleh legislatif

    Balas

  4. Posted by eko on Juni 28, 2011 at 5:30 am

    gimana dong . . . Jardiknas aja ada dan bisa dianggarkan oleh Departemenx sehingga sekolah baik dari SD sampai SLTA tinggal buat proposal ajukan bantuan

    Balas

  5. Posted by ella on Maret 26, 2012 at 8:20 am

    kalau sistem simpeg lebih efektif kenapa harus menggunakan sapk?apakah harus menggunakan 2 sistem yang pada dasarnya dalam 1 kgiatan kepegawaian?

    Balas

    • bagaikan buah simalakama kalau tidak menggunakan SAPK semua hal yang berkaiatan dengan kepegawaian tidak akan dilayani, kalau dipakai maka laporan yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebutuhan pimpinan karena tidak bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan sedang Aplikasi simpeg sangat sesuai dengan kebutuhan pimpinan dalam mengambil keputusan, jadi supaya aman maka digunakanlah kedua-duanya

      Balas

  6. Posted by eka purwanta on Juni 1, 2012 at 1:57 am

    eka
    Agar pelaksanaan di daerah lebih efisien, efektif, maka memakai salah satu sistem, perlu diadakan pembenahan pada SAPK dengan menggabungkan sistem yang ada di SIMPEG, shg daerah tdk menggunakan 2 program.

    Balas

  7. Posted by nasty on Juli 26, 2012 at 4:26 am

    minta aplikasi simpeg untuk daerah dong tolong kirim via email nasty9ester@gmail.com

    Balas

  8. Ass,.. Saya sudah berhasil menginstall aplikasi Sistem Informasi Biodata Kepegawaian. Tapi saat masuk ke website, ada permintaan username dan password untuk login. Gimana ?

    Admin : Maaf Telat Balas karena baru sekarang saya temukan password blog ini, usernamenya pegawai dan passwordnya 1234, jika masih ada masalah tenang saja karena tahun 2013 ini masih ada rapat koordinasi. ini email saya jika masih ada yang perlu ditanyakan : syaifullahsbw@gmail.com, terima kasih telah memberikan komentar pada blog saya ini.

    Silahkan kunjungi website ini : syaifullahsbw.wordpress.com, syaifullahamikom.web.id, bkdbidpegawai.wordpress.com

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: