Dampak Global Teknologi Informasi

By : Tulisan Bapak Wildan

Dalam era yang serba modern ini masih ada saja yang belum mengerti mengenai Teknologi Informasi padahal dalam kehidupan sehari-hari mereka menggunakannya seperti penggunaan internet, handphone,oleh karena itu penulis ingin memaparkan apakah Teknologi Informasi itu.
Teknologi Informasi yang sering disingkat TI, IT atau infotech dalam bahasa Indonesia diistilahkan dengan Telematika. Dalam sejarah peradaban manusia kita mengetahui bahwa kemajuan masyarakat dicapai melalui beberapa tahapan yaitu :
1. Pada awal mulanya manusia berkomunikasi hanya dengan isyarat atau tanda-tanda atau lambang-lambang, tetapi dalam perkembangan manusia kemudian menciptakan dan menggunakan bahasa dalam berkomunikasi
2. Manusia mulai menggunakan aksara yang berkembang dari Pictograph ke Hieroglyp dan menjadi Ideograph
3. Komunikasi dan pertukaran informasi dengan menggunakan aksara itupun semakin maju setelah menggunakan mesin cetak pada abad 15 oleh J. Gutenberg. Dengan penemuan mesin cetak tersebut komunikasi masa mulai dapat dilakukan dengan terbitnya surat kabar yang kemudian disusul oleh hadirnya radio, film dan televisi.
4. Ditemukannya komputer yang mempermudah dan mempercepat manusia dalam mengolah informasi
5. Digabungkannya penggunaan komputer dengan telekomunikasi.
Pada tahap inilah arti teknologi informasi yang sebenarnya yaitu teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi yang membawa data, suara ataupun video.
Dengan adanya kemajuan dibidang Teknologi Informasi maka semakin memudahkan manusia untuk menghimpun,mengolah dan mendistribusikan informasi keberbagai penjuru dunia melalui jaringan komunikasi yang telah mematahkan hambatan ruang dan waktu serta menembus batas-batas Negara dan penyebabkan dunia semakin dipenuhi hiruk pikuknya lalu lintas informasi dalam berbagai jenis dan ragamnya dan tentunya informasi itu sendiri semakin diperlukan masyarakat modern dan menjadi komunitas yang penting dan strategis dan mempengaruhi cara-cara orang dalam melakukan aktivitasnya yang kemudian kita kenal adanya e-bussines, e-banking, e-educational, e-healt,- e-government yang semuanya merupakan aplikasi teknologi informasi.
Kemajuan taknologi informasi bagaikan pedang bermata dua, disatu sisi kita tidak dapat menyangkal manfaat yang dibawanya seperti kegiatan ekonomi elektronis ( e-banking, e-comerce,e-shopping ) tetapi disisi lain juga dapat muncul kejahatan elektronik ( cybercrime ) seperti penipuan dan pembobolan keuangan melalui media elektronis.
Oleh karena itu kemajuan teknologi informasi tidak mungkin ditolak tetapi harus dapat dimanfaatkan agar tidak tersisih dari tata pergaulan masyarakat dunia. Salah satu jalan agar teknologi informasi dapat dimanfaatkan adalah dengan memberdayakan masyarakat karena semakin tidak berdaya masyarakat maka dampak negatif akan muncul dan merusak kehidupan. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan cara :
1. Mengenalkan tekologi informasi sekaligus manfaatnya bagi kehidupan sosial kemasyarakatan.
2. Menghilangkan gagap teknologi dan rasa minder dalam menyikapi teknologi infomasi
3. Mengenalkan dan mengingatkan masyarakat kemungkinan dampak negatif yang dapat muncul dalam pemanfaatan teknologi informasi.
4. Meningkatkan daya nalar dan daya seleksi masyarakat terhadap berbagai informasi yang membanjir, sehingga masyarakat semakin kritis dan dewasa dalam menyikapinya.

One thought on “Dampak Global Teknologi Informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s