OBYEK WISATA ALAM SUMBAWA

obyek wisata di Kabupaten Sumbawa hanya Saliper Ate yang pernah saya kunjungi bersama keluargaku karena disana ada waterboom yang sering saya pakai untuk mandi dengan membayar 5000 rupiah saya bisa mandi sepuasnya dalam sebulan minimal 1 kali saya mandi, karena saya ketagihan dengan waterboomnya dan juga untuk melatih diri saya sendiri supaya bisa renang. Saya akan berusaha untuk mengujungi semua obyek wisata yang berada di Kabupatenku sehingga saya bisa bercerita banyak tentang potensi wisata melalui website yang saya bangun ini, oleh karena itulah saya akan menceritakan sedikit tentang obyek wisata siapa tahu para pembaca tertarik untuk menanamkan modal untuk mengembangkannya. Diantara obyek wisata yang ada di kabupatenku adalah :

Saliper Ate

Saliper berarti pelipur/penenang/penyejuk. Ate berarti hati. Sesuai dengan namanya pantai Saliper Ate berarti pantai yang dapat menenangkan/ menyejukan hati pengunjungnya. Terletak sekitar 5 Km kearah barat kota Sumbawa Besar, lokasinya mudah dijangkau dengan transportasi darat ( bemo kota). Sebelum pariwisata berkembang pantai Saliper Ate merupakan satu-satunya tempat rekreasi masyarakat Sumbawa.

Pantai Kencana
Pantai Kencana yang jaraknya sekitar 11 Km dari Kota Sumbawa Besar merupakan pantai yang cukup menawan. Dengan bentuk pantai yang melengkung dan dikedua ujung lengkungannya masing-masing mempunyai rona tersendiri. Terutama dilengkungan bagian kanannya berdiri batu karang berbentuk alami dengan bolongannya yang setiap saat dicium ombak. Disekitar pantai juga tersedia fasilitas-fasilitas wisata berupa cottage dengan bentuk bangunan khas daerah Sumbawa.

Samongkat
Obyek wisata alam pegunungan ini berada pada ketinggian + 450 meter diatas permukaan air laut, jaraknya 17 km dari kota Sumbawa Besar. Jalan yang berbelok-belok dengan pemandangan perbukitan dan lembah-lembah ini dapat ditempuh dengan berbagai kendaraaan.Fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang dan shelter.

Pulau Moyo ( Moyo Island)
Terletak Sebelah utara Sumbawa dan di mulut teluk Saleh dengan luas + 30 Ha.Pulau Moyo mempunyai obyek wisata darat dan laut. Hutan tropis pulau Moyo merupakan habitat kawanan rusa, sapi liar, babi hutan dan burung gosong (megapodius) yang dilindungi, juga terdapat air terterjun bertingkat mata jitu. Wisata baharinya menyediakan panorama bawah laut yang indah untuk kegiatan menyelam (Snorkling dan Skuba diving), bahkan mulai dari dermaga pulau moyo sudah dapat dilihat ribuan ikan kecil. Lady Diana dari kerajaan Inggris dan Prince William dari kerajaan Belanda pernah datang berlibur ke Pulau Moyo.

Pantai Ai Manis
Terletak di daratan pulau Moyo yang berpasir putih dan pemandangan bawah laut dengan terumbu karang dan tropikal fish-nya yang menawan serta hutan tropis yang ada disekitarnya menjadikan Ai Manis sangat cocok bagi kegiatan camping, Snorkling, dan sebagainya. Dari Ai manis dapat disaksikan tenggelamnya matahari (Sunset). jalan-jalan di hutan tropis sekitar Ai Manis akan tersaji secara alami flora dan fauna seperti rusa, sapi liar, Babi hutan, burung koakkao, kakatua dan burung gosong yang dilindung. Tidak jauh dari Ai Manis terdapat gua kelelawar. Ai Manis dapat ditempuh lebih kurang 30 menit dengan speed boat dari Ai Bari kecamatan Moyo Hilir.

Liang Petang
Sebuah gua alam yang di dalamnya terdapat batu yang mirip manusia, balai-balai (pantar), alat tenun, dan juga dipenuhi stalagnit dan stalagtit. Letaknya di desa batu Tering kecamayan Moyo Hulu dengan jarak 29 km dari kota Sumbawa Besar. Tidak jauh dari gua ini terdapat pula gua kelelawar (Liang Bukal).

Teluk Saleh (Saleh Bay)
Merupakan gugusan berpasir putih dengan koralnya yang indah dan beranekan ragam ikan hias dengan airnya yang tenang, sangat cocok sebagai tempat berenang, dan menyelam untuk melihat pemandangan bawah laut. Teluk Saleh merupakan perairan yang kaya dengan aneka ikan laut seperti ikan kerapu yang hasilnya telah diekspor ke berbagai negara antara lain Jepang, Hongkong dan Singapura. Dari Teluk Saleh ini tampak jelas Gunung Tambora yang mempunyai kawah (Caldera) terluas di dunia.

Sumber : http://www.sumbawakab.go.id

13 thoughts on “OBYEK WISATA ALAM SUMBAWA

  1. hendaknya potensi yang sudah ada ini dapat diberdayakan dengan optimal agar tidak hanya menjadi potensi belaka. namun perlu diperhatikan agar dalam pemanfaatannya harus berwawasan lingkungan agar potensi tersebut dapat dirasakan manfaatnya secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat sumbawa khususnya.

    saya yakin masih banyak potensi ekowisata bahari yang kita miliki namun belum dapat teridentifikasi secara menyeluruh. ini menjadi tangung jawab kita bersama.

    maju dan berkembanglah samawa sesuai dengan namamu “langit”

  2. hidup sumbawa…bejuang terus bangkitkan samawa nyaman nyawe.tulisan tentang sumbawa emang perlu bgt mas,karena banyak yang gak tau sumbawa dikiranya sumbawa itu sama dengan sumba.ya beda lah!

  3. majukan sumbawa…terutama di sarana dan prasarana……….agar banyak org asing datang ke sumbawa untuk memajukan tanah tercinta kita ini….

  4. Sumbawa, the hiden beautiful place in our country…. masyarakat sumbawa harus sadar akan potensi daerahnya dan cerdas memanfaatkannya…. masyarakat Indonesia slama ini terlalu LUGU (Lucu dan Guoblok) Sumbawa aja kadang mereka gak tau, Turis manca negara malah yg lebih tahu…. yuk, kita bangun Sumbawa…. let’s show to people in the world

  5. di sumbawa sebenarnya banyak daeerah berpotensi wisata, hanya saja pemda setempat belum bisa menanggapi bagaimana mengelola kekayaan alam wisata tersebut paadahal kalau pemda jeli hal itu bisa dijadiakn lahan bisnis untuk omset masyarakat sumbawa.

  6. Ping-balik: Kesehatan Remaja » Tempat wisata di sumbawa

  7. maju terus sumbawa. kita tinggal menunggu waktu seiring dgn itu mari siapkan masyarakat kita yg sadar wisata sehingga potensi yang ada bisa di masimalkan. potesi yang begitu banyak, dan sangat menarik tidak akan banyak manfaatnya jika masyarakatnya tidak mendukung.. ” MAJU TERUS SUMBAWA ” PASTI BISA..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s