Keylogger

Ketika saya mendengar pertama kali bahwa ada software yang bernama Keylogger yang dapat merekam ketukan tombol keyboard pokoknya semua tombol yang berada dikeyboard direkam oleh software tersebut maka sayapun mencari software tersebut di internet tapi belum ketemu nanti kalau ketemu akan saya buat tutorialnya untuk pembaca blog saya ini,mau nggak!!!.
Saya penasaran terhadap keylogger tersebut karena temanku sering buka filenya yang terpasword dikomputerku hanya untuk memperlihatkan kepadaku bahwa passwordnya sangat paten dan sulit untuk dibobol dan sayapun berpikir untuk mengakalinya dengan menginstall program keylogger dikomputer saya sehingga saya dapat mengetahui passwordnya suatu saat, oleh karena itulah saya membaca sebanyak mungkin mengenai Keylogger di internet sehingga dari apa yang saya baca dapat disimpulkan bahwa Keylogger itulah adalah suatu software yang bisa mencatat semua ketukan pada tombol keyboard. Catatan tersebut disimpan kedalam suatu file yang didalamnya terdapat informasi tombol yang ditekan serta waktu tombol tersebut ditekan dengan cara ini seseorang bisa mengetahui username,password dan informasi lain yang telah dimasukkan lewat keyboard ke dalam file tersebut.
Keylogger yang berjalan didalam jaringan akan mengirim file log yang biasanya berupa file teks ke seseorang melalui email yang telah ditanamkan program keylogger tersebut tanpa sepengetahuan si korban
Bagi perusahaan atau instansi pemerintah sangat baik digunakan program keylogger ini karena dapat memantau para pegawai dari tindakan yang merugikan perusahaan, tetapi bagi para cracker keylogger bisa berubah menjadi senjata sangat berbahaya untuk mengambil informasi di perusahaan atau intansi anda.
Asumsi saya bahwa keylogger itu hanya berbentuk program saja tetapi kenyataannya Hardware keylogger saja ada tetapi keylogger dalam bentuk perangkat keras kurang begitu popular karena penggunaannya cukup merepotkan yaitu harus kontak fisik dengan komputer korban untuk memasangnya. Bayangkan jika ingin mematai komputer di Sumbawa sedangkan posisi saya dijogja tentu saya harus pergi ke Sumbawa untuk memasangnya tetapi dibalik kelemahan dari hardware keylogger tersebut ternyata ada kelebihannya yaitu tidak terdeteksi oleh Anti-Spyware atau anti-virus. Hardware keylogger ini berbentuk konektor keyboard atau mouse dan juga berbentuk keyboard. Supaya tidak mencurigakan sebaiknya kita tawarkan saja keylogger berbentuk keyboard tersebut kekantornya dengan harga miring demi informasi karena keylogger keyboard paling sulit dideteksi karena sirkuit keylogger berada didalam keyboard tampilannya tidak jauh berbeda dengan keyboard yang dijual ditoko . Melanggar UU ITE kah diriku kalau seandainya saya melakukan perbuatan yang kurang terpuji tersebut hanya pembacalah yang berhak menilai karena saya hanyalah seorang pengelana dalam bidang komputer yang ingin tahu perkembangan dan ingin mencoba walaupun mendekati kerugian orang lain memang begitulah dunia kami yaitu dunia komputer yang siap bersaing dengan teknologi dan berusaha mengembangkannya.

Jogjakarta, 6 Nopember 2008

Syaifullah.

2 thoughts on “Keylogger

Tinggalkan Balasan

