Kenaikan Gaji dan Kinerja PNS

Oleh : Syaifullah

untitled3

Jujur saja pegawai mana yang tidak ingin hidup bahagia, pasti semua pasti ingin hidup bahagia apalagi ada khabar kalau gaji akan naik seperti wacana dari Wakil Koordinator Badan Pekerja Indonesia Cooruption Watch (ICW) Danang Widoyoko yang mengatakan bahwa perlu ada perbaikan penggajian Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) sebab kenaikan gaji tersebut setidaknya akan memacu kinerja dan pelayanan masyarakat.

Tetapi menurut Danang bahwa dengan kenaikan gaji belum menjamin akan berkurangnya korupsi di kalangan birokrasi, tetapi setidaknya jika gaji PNS tinggi maka sumber daya manusia terbaik tertarik menjadi PNS, tetapi kalau gaji PNS rendah dibandingkan Swasta maka SDM yang berkwalitas akan lebih suka bekerja di swasta sehingga SDM yang menjadi PNS adalah SDM kelas II lalu kapan Korupsi akan hilang dari Birokrasi.

Masih menurut Danang bahwa kebijakan pemerintah dalam memberikan tunjangan adalah untuk memberikan motivasi agar PNS bekerja dengan kinerja tinggi. Jadi dari pernyataan Pak Danang dapat disimpulkan bahwa gaji PNS perlu dinaikkan karena sesuai dengan UU No.43 tahun 1999 yang mengamanatkan bahwa setiap pegawai negeri berhak memperoleh gaji yang adil dan layak sesuai dengan beban pekerjaannya. Gaji yang diterima oleh pegawai negeri harus mampu memacu produktivitas dan menjamin kesejahteraannya. Rumusan ini menunjukkan bahwa sistem penggajian yang dianut dalam UU adalah sistem merit dalam rangka memacu kinerja pegawai.
Referensi : http://www.sinarharapan.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s