Mengelola Komunikasi Lewat SMS

smsgateway1

Suatu hari seseorang menerima SMS dari Badan Kepegawaian Daerah kabupaten Sumbawa bahwa besok ada pelantikan dan diharapkan kehadiran jam 8 pagi di Aula Kantor Bupati, itulah imajinasiku dalam merubah cara menyampaikan undangan untuk mutasi yang biasanya disampaikan tengah malam pada saat orang yang bersangkutan tidur dengan lelap sehingga waktu yang dibutuhkan relatif singkat dan tentunya menghemat anggaran daerah untuk perjalanan dinas hanya untuk menyampaikan undangan pelantikan.

Penyampaian pesan dengan cara demikian adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi yang biasa disebut SMS gateway, mudah-mudahan suatu saat saya bisa menerapkannya demi terwujudnya pemerintahan yang baik bersih dan berwibawa atau istilah lainnya e-government. Sebagaimana yang kita tahu bahwa SMS gateway itu merupakan satu dari tiga jenis teknologi SMS yang dikenal hingga saat ini, yaitu :

  1. SMS Premium yaitu jenis layanan sms yang menggunakan 4 digit angka unik dengan harga premium Rp. 500,- sampai Rp.10.000,- per sms dan beban biaya sms ditanggung oleh pengguna layanan. Jenis komunikasi yang biasa dibangun adalah dua arah, yaitu dengan aturan-aturan tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya sehingga layanan tersebut dapat diikuti.
  2. SMS Broadcast yaitu jenis sms satu arah dikirim ke banyak nomor tujuan, mengingat sifatnya satu arah maka jenis sms ini sangat cocok digunakan sebagai bentuk promosi, SMS info dan waktu pengiriman biasanya dijadwalkan sehingga bebas dalam menentukan kapan sms tersebut akan dikirim karena sms jenis ini sifatnya satu arah maka semua biaya pengiriman sms ditanggung oleh pengirim.
  3. SMS Gateway yaitu jenis sms dua arah yang biaya sms dengan tarif normal sesuai dengan apa yang diberlakukan oleh operator, karena sifatnya dua arah maka cocok digunakan sebagai SMS Center dalam hal ini oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumbawa dalam menyampaikan undangan pelantikan. Bukan itu saja yang bisa dilakukan oleh SMS Gateway tetapi banyak yang bisa dilakukan tergantung yang diprogramkan diantaranya (masih dalam imajinasiku) :
  • Meminta informasi dari HP (handphone) ke sistem database dalam hal kepegawaian seperti data pns tugas belajar, jumlah pegawai periode tertentu, informasi unit kerja seseorang dan sebagainya.
  • Memberikan informasi dari HP (handphone) ke sistem database dalam hal keluhan masalah kepegawaian dan sebagainya.

Membangun aplikasi SMS Gateway ini tidak memerlukan modal yang besar, yang penting minimal punya PC beserta HP, kabel data (kabel antarmuka serial yang dapat menghubungkan HP dengan PC dan aplikasi. Sebaiknya menggunakan modem GSM yang spesifik untuk SMS Gateway. Bahasa yang digunakan untuk Aplikasi ini adalah bahasa yang berbasis WEB seperti PHP atau ASP.

Aplikasi SMS Gateway yang berada di Kabupaten Sumbawa untuk sekolah yang saya tahu berdasarkan informasi dari seorang guru SMAN 2 Sumbawa adalah SMS Gateway yang berada di SMAN 2 Sumbawa tetapi kata beliau belum berjalan dengan optimal, berdasarkan informasi tersebut bahwa SMS Gateway untuk sekolah digunakan untuk :

  1. Orangtua/wali murid dapat mengakses informasi siswa tentang prestasi akademik,kehadiran dan lain-lain.
  2. Pengumuman/pemberitahuan dari sekolah kepada orangtua/wali murid.
  3. Informasi kapasitas dan pendaftran siswa baru. dan lain sebagainya.

Kesimpulan saya mengenai tulisan diatas bahwa SMS Gateway sangat penting dalam era teknologi informasi karena dapat menyampaikan informasi secara cepat dan akurat.

Minggu pagi,12 April 2009

Syaifullah
https://wildan08.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s