Virus Komputer

9 Maret 2010

Virus komputer sudah tidak asing lagi bagi dunia teknologi informasi sekarang ini karena virus komputer tentu ada kaitannya dengan komputer yang kita pakai sehari-hari, kalau dilihat dari sejarah penggunaan kata virus dalam dunia komputer maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa virus dalam dunia komputer dan virus dalam dunia biologi mempunyai persamaan yaitu sama-sama bisa menggandakan diri, virus biologi menyerang sel-sel tertentu sedangkan virus komputer menyerang file-file dengan extension tertentu seperti exe, com dll jadi intinya sama-sama menyerang, kalau sudah menyerang suatu sel untuk virus biologi atau file untuk virus komputer yang sudah diserang maka tidak akan diinfeksi lagi.

Berdasarkan sedikit keterangan diatas maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa virus dalam ilmu komputer itu adalah sebuah program komputer yang memiliki kemampuan menggandakan diri,menyebarkan diri, menyerang file-file tertentu atau dapat menyebar melalui jaringan maupun dalam kegiatan tukar-menukar file, oleh karena itu supaya kita tidak
terlalu “Gatek” maka pelajarilah mengenai virus komputer yang tersebar banyak di internet
sebelum virus komputer menyerang komputer Anda, kalau memang tidak sempat browsing internet maka ada beberapa Trik menurut saya yang dapat membantu Anda untuk menghindari komputer Anda dari Ancaman Virus yaitu :

  1. Pasang Anti Virus di komputer. Banyak Anti Virus yang Gratis seperti PCMAV tetapi perlu membeli Majalahnya atau pinjam aja CD dari teman untuk dicopy PCMAV nya, saya senang menggunakan PCMAV karena kalau ada virus yang tidak di kenal maka kita sebagai pengguna mengirim sampel file yang terinfeksi virus tersebut ke PCMEDIA untuk dianalisa kemudian dimasukkan ke database virus supaya versi update nya mampu di Clean virus yang bersangkutan sedangkan Anti Virus yang lain biasanya langsung saja di karantina tanpa persetujuan dari user.
  2. Tetaplah Update Anti Virus anda untuk bisa menyesuaikan dengan Virus yang berkembang karena ratusan virus muncul tiap bulannya baik yang varian maupun yang baru
  3. Backuplah secara teratur file Anda untuk menghindari kemungkinan yang dapat ditimbulkan oleh Virus komputer walaupun dikomputer Anda sudah terpasang Anti Virus.
  4. Berhati-hatilah dalam menjalankan suatu file yang kemungkinan Anda sendiri tidak tahu kegunaan file tersebut.

Demikianlah sedikit yang saya tahu tentang virus komputer mungkin lain kali akan saya sambung lagi kalau seandainya pembaca Blog ini merespon terhadap Virus komputer maka kemungkinannya saya akan melengkapinya pada tulisan berikutnya.

2 thoughts on “Virus Komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s