Stateless

20 Maret 2010

Menarik juga rupanya untuk dibahas diblog ini mengenai sebaris dosa yang dikerjakan oleh para pembuat website sehingga menyebabkan website yang bersifat komersial bisa diambil isinya hanya karena masih minimnya tentang security dari web itu sendiri maksud saya website yang hanya bersifat Statis bukan yang bersifat Dinamis, website yang masih bisa diambil isinya walaupun sudah diharuskan Login seperti pengalaman saya dalam mencoba suatu website yang menawarkan sesuatu tetapi syaratnya diharuskan mentransfer sejumlah uang untuk mendapatkan Username dan Login, karena saya hanya sekedar mencoba untuk mengetahui isi website tersebut tanpa melalui proses Login maka saya gunakan tools Htttrack untuk membackup website tersebut untuk disimpan di Hardisk.

Ternyata yang ditawarkan semuanya terbuka sudah untuk diketahui tanpa rahasia lagi, maaf pembaca saya hanya sekedar mencoba bukan memanfaatkan tetapi setelah itu sudah saya email ke website tersebut untuk diperbaiki, sifat website yang seperti itulah yang disebut Stateless yang halamannya bisa diakses tanpa diharuskan melalui halaman utama misalkan diharuskan login dulu yang penting kita tahu halaman berikutnya maka kita langsung bisa mengaksesnya misalnya dalam suatu website terdiri dari 2 file yaitu pertama.html dan kedua.html, kita juga bisa mengakses keduanya dengan perintah misalnya http://www.belajar.com/pertama.html atau bisa langsung ke http://www.belajar.com/kedua.html, nah sifat inilah yang disebut dengan Stateless

Sebagai seorang webmaster sebenarnya harus memperhatikan hal tersebut untuk memperbaikinya bagaimana seseorang tidak boleh masuk ke halaman berikutnya tanpa melalui halaman yang utama. Demikianlah apa yang bisa saya sharing hari ini mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman.

Tinggalkan Balasan

