RENDAHNYA DERAJAT JURUSAN INFORMATIKA

Oleh : Syaifullah

Menarik juga membaca tulisan Bernaridho I Hutabarat ( Bussiness Intelligence Expert ) di PCMedia terbitan Mei 2010 mengenai Rendahnya Derajat Jurusan Informatika yang mengatakan bahwa kebanyakan selebriti IT adalah alumni Elektro bukan informatika seperti Onno W. Purbo, Budi Raharjo, Rusmanto adalah alumni-alumni elektronika, lalu kemanakah alumni-alumni informatika? Tapi entah kenapa mereka semuanya (untuk saat ini) masih kalah menonjol  dibandingkan dengan alumni Elektro. Dosen-Dosen Elektro juga secara umum lebih menonjol di media massa daripada Dosen Informatika.
Steven Haryanto, Alumni Teknik Kimia,menulis buku tentang PHP dan Reguler Expression dalam derajat mutu belum pernah ditulis alumni Teknik Informatika pada saat itu. Dapatkah seorang alumni/dosen Informatika menulis tentang buku kimia level universitas. Roy Suryo yang dijuluki dengan “Pakar Telematika” bukan dari Alumni Informatika demikian juga Bill Gates bukan juga dari Computer Science.
Tulisan tersebut berbicara alumni informatika tingkat nasional tapi kalau saya berbicara tingkat lokal, ditingkat lokal saja banyak saya menemukan Alumni yang bukan dari Informatika sudah menguasai Teknologi Komputer seperti Teknisi Komputer, Teknisi HP yang jelas berkaitan dengan komputer juga  dan orang-orang yang kerajingan dengan teknologi komputer karena rasa ingin tahunya tentang komputer sehingga mereka belajar otodidak dengan membeli buku-buku komputer dan majalah komputer yang orang Informatika sendiri jarang mengikuti perkembangan komputer sehingga mereka kalah dengan yang belajar otodidak. Walaupun mereka pintar dalam bidang komputer tapi ada satu hal yang belum mereka mengerti yaitu tentang merancang sistem informasi dalam hal ini menggunakan suatu Bahasa Pemrograman, itulah kelebihan Jurusan kami yaitu menjadi seorang Programmer.
Kesimpulan dari pendapat diatas adalah bahwa memang alumni lain lebih menonjol dibandingkan dengan alumni informatika itu sendiri, untuk itu marilah kita sebagai orang Alumni Informatika berusaha untuk menjadi terbaik dibidang informatika supaya tidak direndahkan keilmuan kita sebagai seorang Computer Science.

3 thoughts on “RENDAHNYA DERAJAT JURUSAN INFORMATIKA

  1. Kita jgn berfikir parsial…. Ilmu itu bersifat holistik, informatika bagian dari elektro, yg menulis buku komputer, ygmembuat web…buat program yg kebanyakan dari bidang ilmu lain….itu membuktikan bhw derajat org informatika justru canggih krn berhasil mengajarkan ilmu nya kepada disiplin ilmu lain ….selamat berfikir saintifk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s