Keamanan Cyber

Dunia semakin berkembang dengan adanya kemajuan teknologi terutama teknologi komputer yang bisa menghasilkan informasi melalui jaringan internet yang sudah menyebar di seluruh dunia. Internet sebagai media yang banyak sekali bermanfaat untuk menghasilkan informasi tidak lepas dari kerugiannya yaitu kejahatan internet yang terus bertambah karena pengguna internet baik perorangan maupun instansi pemerintahan ataupun kalangan perusahaan besar kurang bisa memahami keamanan jaringan internet.

Keamanan cyber atau bisa disebut juga sebagai keamanan jaringan internet yaitu suatu usaha untuk melindungi sistem kita dari serangan hacker yang berusaha merusak sistem sehingga untuk melindungi sistem tersebut perlu membeli software keamanan langsung dari vendornya seperti symantec merekomendasikan baik perusahaan maupun pengguna individu menggunakan perlindungan terkini dari resiko keamanan yaitu Symantec Endpoint Protection atau Norton Internet Security. Pengguna dan perusahaan disarankan untuk mengikuti praktik terbaik untuk perlindungan sistem yaitu :

  1. Hindari mengikuti link dari email, karena link tersebut bisa jadi merupakan link ke situs jahat atau yang diplesetkan. Sebaiknya, ketik manual URL dari situs Web yang dikenal dan memiliki reputasi.
  2. Jangan pernah melihat, membuka, atau mengeksekusi lampiran email kecuali jika lampirannya dinanti dan datang dari sumber yang diketahui dan terpercaya. Curigai setiap email yang tidak ditujukan langsung ke alamat email Anda.
  3. Berhati-hatilah akan window pop-up dan iklan banner yang menyerupai seperti tampilan asli. Pesan-pesan ‘error’ mencurigakan yang ditampilkan dalam browser Web seringkali merupakan metode yang digunakan scam software keamanan palsu untuk memancing pengguna agar mengunduh dan menginstal produk palsu mereka.

Melaksanakan praktik terbaik tersebut maka sistem kita akan terhindar dari kejahatan

Dari berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s