Software Legal Di Indonesia

 

Software legal merupakan harapan kita semua bagi pengguna komputer di indonesia tapi apa yang kita harapkan ternyata masih tidak terjangkau harganya dibandingkan dengan software illegal yang harganya hanya mencapai Rp. 20.000,- apalagi di rental di tempat rental CD hanya paling mahal RP. 7.500,-,lalu dimanakah UU No. 19 Tahun 2002 pasal 72 ayat 3 tentang Hak Cipta dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500 juta, gencarnya rahasia pemerintah dalam melindungi hak kekayaan intelektual software hanya terjadi di dunia bisnis seperti warnet yang membangun jaringannya dengan menggunakan software bajakan atau orang yang berangkat ke luar negeri tetapi dikalangan mahasiswa atau pemerintah sendiri masih banyak yang menggunakan software bajakan, indonesia merupakan negara pengguna software illegal setelah China dan Vietnam kalau tidak salah tahun 2003. ( tahun 2010 nanti saya muat dalam catatan saya berikutnya ).
Suatu Software dikatakan telah dibajak apabila memenuhi indikator berikut ini :
1. Menggandakan Software asli ( Burning ) dan meminjamkan software tersebut ke temannya untuk diinstall di komputer mereka serta menginstalasi software tersebut melebihi jumlah lisensi yang dimiliki.
2. Hardisk Loading, cara ini sering dipakai oleh toko penjual komputer dengan menginstall komputer pembeli dengan software bajakan.
3. Internet Piracy/penjualan software palsu lewat internet, dalam hal ini menjual software ilegal dengan harga lebih rendah dari harga sesungguhnya.
4. Mengcrack suatu software juga merupakan suatu pembajakan.
Kesimpulan yang kita dapatkan dari UU tentang Hak cipta tersebut adalah bahwa pemerintah belum terlalu berani menjalankannya disebabkan oleh karena harganya masih tidak terjangkau oleh masyarakat IT dan kalau ada harga resmi dari Microsoft atau vendor software lainnya untuk kalangan pemerintah, sekolah masih banyak yang belum mengetahuinya karena masih kurangnya sosialisasi, cara satu-satunya untuk menghindari pembajakan  adalah membeli software yang asli atau beralih ke Open Source.
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s