Konsep E-Government Pemerintah Daerah

Oleh : Syaifullah

Teknologi semakin berkembang tanpa bisa dihentikan dan kita sebagai manusia pencipta teknologi tersebut berusaha untuk menyempurnakan setiap perkembangan tersebut menjadi teknologi yang semakin canggih dan kecanggihan pada saat ini menjadi kuno pada saat yang akan datang, teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan ini, pemerintah untuk menjalankan pemerintahannya tak pernah lepas dari pemanfaatan teknologi tersebut demi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisifasi aktif dalam pemberian informasi kepada masyarakat sehingga pemerintahan Daerah yang berbasis elektronik atau sering disebut sebagai e-Goverment semakin berperan penting dalam pengambilan keputusan. Adanya pemerintahan Daerah yang berbasis elektronik inilah yang menyebabkan terjadinya transformasi traditional government yang berbasis paper based administration mulai ditinggalkan menuju e-Government.

Berdasarkan definisi dari World Bank,e-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah seperti : Wide Area Network, Internet dan mobile computing yang memungkinkan pemerintah untuk mentransformasikan hubungan dengan masyarakat, dunia bisnis dan pihak yang berkepentingan. Dalam prakteknya eGovernment adalah penggunaan Internet untuk melaksanakan urusan pemerintah dan penyediaan pelayanan publik yang lebih baik dan cara berorientasi pada pelayanan masyarakat.

Tujuan yang ingin dicapai dengan implementasi eGovernment pada pemerintah daerah adalah :

  1. Memberikan pelayanan tanpa adanya intervensi pegawai institusi publik dan sistem antrian yang panjang hanya untuk mendapatkan suatu pelayanan sederhana.
  2. Mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi sehingga dapat mengurangi korupsi dengan cara meningkatkan transparansi dan akuntabilitas lembaga publik.
  3. Memperluas partisifasi publik dimana masyarakat dimungkinkan untuk terlibat aktif dalam pengambilan keputusan/kebijakan oleh pemerintah.
  4. Memperbaiki produktifitas dan efisiensi birokrasi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
  5. Memanfaatkan aplikasi E-procurement sehingga pemerintah dapat melakukan tender secara online dan transparant.

Secara umum bahwa situs di Pemerintah Daerah dalam menyediakan pelayanan melalui internet dapat dibagi dalam beberapa tingkatan yaitu :

  1. Penyediaan informasi, dalam penyediaan informasi kepada masyarakat biasanya situs Pemerintah Daerah hanya menampilkan informasi yang sumbernya berasal dari media masa yang beredar di wilayahnya tanpa bisa menghasilkan informasi yang primer, walaupun seperti itu memang sangat bermanfaat juga bagi para pengakses situs tersebut yang berada di luar daerah yang tidak sempat membaca media masa lokal untuk mengetahui isu yang berkembang di daerahnya.
  2. Interaksi satu arah bisa berupa fasilitas download formulir yang dibutuhkan.
  3. Interaksi dua arah dan tranksaksi berarti pelayanan elektronik secara penuh berupa pengambilan keputusan dan delivery (pembayaran) misalnya pemrosesan /pengumpulan formulir secara online.

Pemerintah Daerah yang menerapkan e-Goverment banyak manfaat yang dapat diperoleh yaitu :

  1. Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, karena informasi dapt diperoleh tanpa menunggu dibukanya kantor tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintah.
  2. Peningkatan hubungan antara pemerintah,pelaku bisnis dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan sehingga diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik sehingga dapat menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.
  3. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh sehingga masyarakat akan belajar untuk menentukan pilihannya misalnya data tentang sekolah ( jumlah kelas, daya tampung dan sebagainya ) dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orangtua untuk memilih sekolah yang cocok untuk anaknya.
  4. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contoh, koordinasi pemerintah dapat dilakukan secara e-mail bahkan video conferencing, dengan memanfaatkan video conferencing akan sangat membantu dalam melakukan tanya jawab, koordinasi dan diskusi antara Kepala Daerah dengan bawahannya tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama.

Sumber :
Raharjo, B., “Diary Budi Raharjo Kumpulan Catatan tentang Teknologi Informasi”, Oase Media, Bandung, 2009

Siallagan, W., “eGovernment : Menuju Pelayanan Publik Yang Lebih Baik”,http://www.mojokertokab.go.id/mjk/dok/artikel/e-Goverment%20menuju%20pelayanan.pdf, Tanggal Akses 22 Agustus 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s