Pembangunan Website PATEN

Sebuah tugas yang lebih menantang lagi dalam pengalamanku dalam dunia pemrograman yaitu Pembuatan Website PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) Kabupaten Sumbawa dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan masyarakat, dengan adanya website ini masyarakat dapat memperoleh informasi tentang cara mengurus pelayanan yang diinginkan sehingga bahan-bahan yang dipersyaratkan dapat dipenuhi terlebih dahulu dan tentunya pihak yang berkepentingan dapat memperoleh data tentang pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat sehingga dapat menghasilkan informasi untuk pengambilan keputusan yang akurat karena memang di dukung oleh informasi yang uptodate.

Dalam pembuatan Website tersebut yang tidak sekedar menampilkan informasi tetapi bagaimana mengolah data sehingga dapat menghasilkan informasi membutuhkan kerjasama Tim yang baik karena untuk menghasilkan produk yang berkualitas harus dikerjakan secara bersama-sama sesuai dengan keahliannya, sebagaimana kita ketahui bahwa orang yang terlibat dalam pembuatan website tersebut adalah :

  1. Ketua dan Sekretaris.
  2. Analisis Sistem yaitu orang yang melakukan analisis terhadap sistem yang akan dibuat dan mengindentifikasi kelemahan dan kelebihan serta masalah yang timbul dari sistem yang lama untuk dirubah ke sistem yang baru seperti kita membangun sebuah rumah maka sebelum rumah tersebut jadi maka haruslah dibuat terlebih dahulu denahnya, orang yang membuat denah disertai denga RAB (Rencana Anggaran Belanja) itulah yang dapat disamakan dengan Analisis Sistem dalam profesi IT.
  3. Design Grafis yaitu orang yang melakukan Desain terhadap gambar website sehingga website yang akan dibuat terlihat indah.
  4. Web Programmer yaitu orang yang melakukan implementasi kedalam bentuk website dengan menggunakan bahasa pemrograman hasil analisa yang telah dibuat oleh Analisis sistem.
  5. Orang yang mengumpulkan data yang berkaitan dengan PATEN sebagai materi website yang akan dibuat.

Berapakah harga website tersebut?

Kalau berbicara mengenai harga mungkin lebih dari 50 juta karena harus dikerjakan oleh Konsultan Teknologi Informasi tetapi karena website tersebut dikerjakan oleh Pegawai Negeri Sipil maka yang menjadi standarnya adalah Honorer PNS Teknologi Informasi dari Buku Harga Standar yang diterbitkan oleh Kabupaten Sumbawa tanpa membedakan seorang programmer atau tidak, jika kita melihat honorer seorang programmer berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kelly di Indonesia dalam bukunya Indonesia Salary Guide gaji seorang programmer perbulan adalah 3 juta sampai 7 juta, berdasarkan informasi dari Kelly tersebut apakah memungkinkan dalam buku standar harga diberikan honorer sebesar itu? saya rasa tidak mungkin karena sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil sudah ada jabatan fungsional yang bertugas dalam pembuatan sistem informasi yaitu Pranata Komputer, dalam jabatan tersebut angka kredit dikumpulkan dengan pembuatan Aplikasi, menyelesaiakan Troubleshooting Jaringan, membuat buku panduan teknologi informasi dan melakukan backup data sistem informasi, kalau di Sumbawa jabatan tersebut sudah ada tetapi belum diangkat sebagai jabatan fungsional sehingga tidak wajib mengumpulkan angka kredit.

Semoga Website yang kami buat ini nantinya bermanfaat bagi Sumbawa karena kami berprinsip jangan tanyakan apa yang Kabupaten Sumbawa berikan kepadamu tetapi tanyakan kepada dirimu sendiri apa yang telah kau berikan kepada Kabupaten Sumbawa tercinta ini.

Sumbawa, 4 Juli 2012

Syaifullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s